-->

9 Huruf Athaf dalam Bahasa Arab

9 huruf athaf dalam bahasa arab. Dalam pelajaran nahwu dan shorof terdapat pembahasan tentang huruf athaf, yaitu huruf yang dipakai untuk menghubungkan satu kata dengan kata yang lain, jumlah huruf athaf ini ada 9 huruf, beriku adalah 9 huruf athaf: 
9 huruf athaf dalam bahasa arab


اَلْوَاوُ وَالْفَاءُ وَثُمَّ وَحَتَّى وَأَوْ وَأَمْ وَ بَلْ وَ لاَ وَلَكِنَّ 

Kita membahasa satu persatu 9 huruf athaf di atas dilengkapi dengan makna dari masing-masih huruf athaf itu dan kami lengkapi juga dengan contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa arab, silahkan di simak! 

اَلْوَاوُ 

Huruf athaf berupa huruf “wawu” ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah “dan” atau “serta”. Dalam ilmu nahwu huruf athaf berupa “wawu” ini memilik makna “al-jam’u”, yaitu menggabung antara ma’tuf dengan ma’tuf alaih dalam satu hukum, contoh penggunaannya dalam kalimat: 

جَاءَ عَلِيٌّ وَخَالِدٌ 

Artinya: “Ali dan Khalid telah datang.” 

Kata Khalid disebut “ma’tuf” (yang dihubungkan) sedangkan kata Ali disebut “ma’tuf alaihi” (tempat ia dihubungkan) dan hukum yang dimaksud di sini adalah “peristiwa datangnya Khalid dan Ali”. Sehingga Khalid dan Ali tergabung dalam satu hukum, yaitu sama-sama telah datang. 

Huruf athaf yang lain adalah yang artinya “kemudian”, dalam kalimat bisa dicontohkan dengan : 

جاء زيد فعمرو 

Telah datang Zaid kemudian Amar 

Perbedaan antara huruf athaf “tsumma” dengan huruf athaf “fa’” adalah untuk “fa’” tidak terdapat makna “at-tarakhi” yaitu adanya jeda waktu antara orang pertama dengan orang kedua terkait perbuatan yang mereka berdua lakukan, sedangkan makna “at-tarakhi” ada pada huruf athaf “tsumma”. 

Kita perhatikan contoh yang barusan saya bawakan pada kalimat: 

جاء زيد فعمرو 

Telah datang Zaid kemudian Amar 

Kedatangan Zaid diikuti langsung (tanpa ada jeda panjang) dengan kedatangan Amar, ini yang kami maksud dengan tidak adanya makna “at-tarakhi”. 

Jika kita memakai huruf athaf “tsumma” misalnya: 

جاء زكريا ثم خيرالدين 

Telah datang Zakaria kemudian Khairuddin 

Kalimat ini memiliki makna yaitu bahwa kedatangan Zakaria tak langsung diikuti oleh kedatangan Khairuddin, namun terdapat jeda beberapa waktu, didahului dengan kedatangan Zakaria kemudian selang 5 sampai 10 menitan datanglah Khairuddin. 

Huruf athaf berikutnya adalah “hatta” ( حتى ) yang digunakan lil ghayah ( للغاية ) yaitu untuk menunjukkan akhir atau tujuan,contoh penggunaannya adalam kalimat: 

يأتيك المعلم حتى تتعلم منه 

Telah datang guru kepadamu agar engkau belajar kepadanya. 

Huruf athaf lainnya adalah huruf “aw” (أو) yang artinya atau, kemudian huruf athaf lainnya adalah “am” ( أم ) yang juga artinya atau, sedangkan huruf atfah berikutnya adalah “laa” ( لا) yang artinya tidak. 

Huruf athaf lainnya juga ialah “laakinna” ( لكن ) yang artinya akan tetapi dan huruf athaf yang ke Sembilan alias yang terakhir adalah “bal” ( بل ) yang artinya juga akan tetapi. 

Demikian dulu apa yang bisa kami sampaikan buat anda semua tentang huruf athaf dalam bahasa arab. Semoga bermanfaat.
Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "9 Huruf Athaf dalam Bahasa Arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel