-->

22 Contoh Isim Dalam Al Quran

Contoh isim dalam al quran. Al-Quran meruapakan kita suci paling mulia dalam agama kita agama Islam, bukan hanya sebagai sumber pengambilan hukum dalam syariat Islam, Al-Quran juga sangat berperan dalam menjaga bahasa yang dipakainya yaitu bahasa arab, penjagaan al-quran terhadap bahasa arab ini tak dapat dipungkiri, jika melihat dan menengok kembali ke belakang tatkala agama islam mulai tersebar luas ke daerah-daerah di luar jazirah arab, banyak orang-orang ajam (istilah yang disematkan bagi bangsa bukan arab yang masuk islam) mulai secara berbondong-bondong masuk islam. 
22 Contoh Isim Dalam Al Quran

Terjadilah pergesekan budaya termasuk bahasa, banyak di antara orang ajam itu yang ingin berkomunikasi dengan orang asli arab namun setelah mereka sedikit demi sedikit mampu berbicara dengan bahasa arab lantas mencampuradukkan bahasa mereka dengan bahasa arab sehingga terjadi “kekacauan” dalam penerapan kaidah bahasa arab, di sinilah muncul peran al-quran yang menjadi acuan dalam penerapan sekaligus penjagaan kaidah bahasa arab yang fusha. 

Tak heran jika kemudian para ulama banyak yang memiliki kitab khusus yang membahas tentang i’rab al-quran, hal ini semata-mata untuk memperkuat jalinan bahasa arab dengan kaidahnya yang khusus dengan al-quran yang notabenenya memakai bahasa arab ini. 

Kali ini kita akan berbicara tentang contoh isim dalam al quran: 

Kita mulai dengan mengambil surat pertama dalam al-quran yaitu surat al-fatihah: 

بسم الله الرحمن الرحيم 

  • Kata (اسم) di sini adalah isim (kata benda), ia dalam keadaan majrur karena di dahului oleh huruf jar yaitu (الباء). 
  • Kata (الله) meruapkana kata yang terambil dari akar kata (ألوهية) yang artinya menyembah, sehingga kata ini pada asalnya adalah dari kata (الإله) yang maknyanya adalah (المألوه) yang artinya sesembahan, sehingga disebut bahwa Allah adalah satunya sesembahan yang hak. 
  • Kata (الرحمن) merupakan isim yang juga merupakan salah satu nama yang khusus bagi Allah, berasal dari akar kata (رحمة) yang artinya rahmat atau kasih sayang, sehingga kata ini bermakna Dzat Yang Maha Pengasih, adapun dari segi i’rabnya maka ia adalah majrur (baris kasrah) karena sebagai sifat atau na’at dari kata (الله). 
  • Kata (الرحيم) merupakan isim yang juga dii’rab sebagai naat/sifat tsani (kedua) dari lafdzul jalalah (lafadz Allah) yang diartikan dengan Dzat Yang Maha Penyayang. 

الحمد لله رب العالمين 

  • Kita mulai dengan ayat pertama dari surat al-Fatihah, kata (الحمد) merupakan isim yang artinya pujian, ia merupakan bentuk masdar dari akar kata yaitu fi’il (حمد - يحمد) yang artinya memuji, sehingga dapat kita katakan bahwa semua masdar itu adalah isim, kata ini posisinya adalah mubtada’ yang marfu dengan dhammah. 
  • Kemudian lafadz الله juga termasuk isim sebagaimana sudah kita sampaikan pada bahasan sebelumnya, kata ini majrur karena dimasuki oleh huruf jar brupa lam. 
  • Kemudian lafadz (رب) juga adalah isim yang artinya Tuhan atau Pemilik, di mana posisinya pada ayat ini sebgai badal dari lafdzul jalalah sehingga ia adalah majrur/baris kasrah karena mengikuti mubdal minhunya yaitu lafdzul jalalah yang juga majrur. 
  • Kemudian lafadz (العالمين) yang artinya semesta alam, merupakan isim juga, di mana shigatnya adalah mulhaq bi jama mudzakkar salim (di samakan dengan jama mudzakkar salim) yang i’rabnya adalah mudhaf ilaih dan tanda jarnya adalah ya’ sebagaimana jama mudzakkar salim yang lainnya. 

الرحمن الرحيم 

  • Dua kata ini juga adalah isim sbagaiamana kami jelaskan sebelumnya. Sama juga dari segi posisinya adalah sebagai badal dari kata الله sehingga ia ikut majrur dengan kasrah. 

مالك يوم الدين 

Tiga kata ini adalah isim semuanya: 

  • Kata (مالك) adalah isim yang artinya adalah pemilik atau raja, di sini kata ini juga adalah badal dari lafdzul jalalah. 
  • Kata (يوم) juga isim yang artinya adalah hari, di sini posisinya adalah sebagai mudhaf ilaih yang majrur dengan kasrah. 
  • Kata (الدين) di sini juga adalah mudhaf ilaih yang artinya pembalasan, di ajuga adalah isim. 

إياك نعبد وإياك نستعين 

  • Kata (إياك) di sini adalah dhamir / kata ganti yang muttasil / bersambung yang posisinya adalah sebagai maf’ul muqaddam (yang didahulukan), sedangkan semua dhamir termasuk dalam kategori isim semuanya. 

اهدنا الصراط المستقيم 

  • Kata (الصراط) merupakan isim yang artinya jalan, posisinya adalah sebagai maf’ul bih yang mansub dengan fathah. 
  • Kata (المستقيم) juga adalah isim yang posisinya sebagai na’at atau sifat dari kata al-mustaqim yang mansub dengan fathah. 

صراط الذين أنعمت عليهم 

  • Kata (الذين) merupakan isim maushul yang posisinya di sini adalah mudhaf ilaih yang majrur dengan kasrah, sedangkan isim mausul memang semuanya termasuk kata benda/isim. 
  • Kata (هم) juga termasuk dhamir muttasil sedangkan semua dhamir termasuk isim, di sini posisinya adalah majrur dengan sebab masuknya huruf jar yaitu ala. 

غير المغضوب عليهم 

  • Kata (غير) di sini juga adalah isim. 
  • Kata (المغضوب) di sini juga adalah isim yang posisinya sebagai mudhaf ilaih yang majrur dengan kasrah. 

ولا الضالين 

  • Kata (الضالين) di sini juga adalah isim yang shigatnya adalah jama mudzakkar salim yang majrur dengan ya’. 

Demikian sobat semua mengenai bahasan terkait dengan contoh isim dalam al quran, adapun selain yang kami sebutkan maka pada surat al-fatihah juga terdapat huruf fi’il selain isim yang sudah kami sebutkan.
Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "22 Contoh Isim Dalam Al Quran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel