-->

5 Keutamaan Bahasa Arab Atas Bahasa Lain.

5 Keutamaan Bahasa Arab Atas Bahasa Lain. Allah telah memilih bahasa arab sebagai bahasa Al-Quran, bahasa arab merupakan bahasa As-Sunnah / Al-Hadits yang merupakan sumber hukum Islam, bukan tanpa alasan, bahasa arab menjadi bahasa pilihan karena memiliki kelebihan dan keistimewaan di bandingkan dengan bahasa - bahasa lainnya di atas muka bumi ini. 
5 Keutamaan Bahasa Arab Atas Bahasa Lain.

Bahkan berdasarkan sebuah riset yang dilakukan dalam sebuah karya tulis berjudul “Al-Lughah Al-Arabiyyah Ashlul Lughah” (Bahasa Arab adalah Asal Semua Bahasa) disebutkan bahwa ternyata semua bahasa di atas dunia ini kebanyakannya berasal dari satu induk yaitu bahasa arab, berdasarkan karya tulis ini bahwa bahasa inggris, bahasa latin dan bahasa - bahasa lainnya berasal dari bahasa arab. 

Disebutkan dalam karya tulis tersebut berbagai sisi yang memuat keutamaan bahasa arab: 

- Luasnya bahasa arab dan kayanya bahasa arab dengan miskinnya bahasa - bahasa lainnya. Bahasa latin misalnya memiliki 700 akar bahasa saja, bahasa sakson memiliki 2000 akar bahasa sementara bahasa arab mempunyai 16.000 akar kata. 

- Luasnya isytiqaq (pengembangan berbagai kata turunan dari satu kata), sebagai contoh dalam bahasa inggris ada kata “Tall” yang dalam bahasa arab diungkapkan dengan kata “طويل” (dua kata ini memiliki kemiripan dalam pengucapan), namun kita temukan dalam bahasa arab kata “طويل” mempunyai pengembangan kata yang luar biasa banyak ( طال, يطول, طائل, طويلة, مستطيل ....إلخ ) sekian banyak kata yang dari satu akar kata dengan makna dan arti yang berbeda. Sementara dalam bahasa inggris kata “Tall” tidak melahirkan kata baru satupun. Contoh lainnya adalah kata “Good” dalam bahasa inggris dengan padanan kata dalam bahasa arab “جيد”, dua kata dari dua bahasa yang berbeda ini memiliki kesamaan dalam pengucapan sehingga dikatakan bahwa kata bahasa inggrisnya terambil dari kata yang ada dalam bahasa arabnya, namun satu hal yang perlu diperhatikan bahwa kata “جيد” melahirkan sekian kata turunan dengan makna yang berbeda ( أجود, جيدة, الجودة, أجاد, يجيد...إلخ), sementara kata “Good” dalam bahasa inggris tak satupun memiliki kata turunan, bahkan untuk mengungkapkan makna “sangat bagus” harus dibantu dengan kata lainnya sehingga dikatakan “Very Good” sementara dalam bahasa arab cukup dengan mengambil kata turunannya yaitu : أجود sebagai padanan kata “Very Good”. 

- Masing-masing huruf hija’iyyah dalam bahasa arab memiliki akar makna tertentu yang jika terdapat dalam sebuah kata bahasa arab akan mengandung makna itu, sebagai contoh huruf “ha’” ( ح ) biasanya menunjuk makna suatu yang panas dan hangat serta kehangatan, sehingga kata : حمى (demam), حريق (kebakaran), حقد (kebencian), حنان (kasih sayang) dan seterusnya. Contoh yang lain adalah huruf “kha’” (خ) memiliki akar makna yang menunjukkan sesuatu yang jelek dan membuat merinding, sehingga kata : خوف (takut), خزي (kehinaan), خسة (kehinaan), خيانة (pengkhianatan) dan seterusnya. 

- Dalam bahasa arab kita bisa mengungkapkan suatu makna yang panjang dengan dengan sedikit penggunaan kata, sebagai contoh ketika kita mau mengungkapkan “Saya tidak akan pergi” dalam bahasa arab cukup dengan memakai dua kata saja : لن أذهب, sementara dalam bahasa inggris lumayan capek karena harus mendatangkan lebih dari dua kata bahkan lebih dari tiga kata, yaitu dengan mengatakan : I shall not go. 

Artikel Lainnya :

- Jika kita memeriksa kaidah bahasa arab, kaidah nahwu dan shorof nya maka kita tak akan menemukan perubahan, tetap seperti dahulu kala, kaidah shorof dan nahwu yang ada pada bahasa arab ribuan tahun yang lalu masih tetap mengendap dan tak pernah hilang sampai hari ini, hal yang jarang kita temukan pada kaidah bahasa - bahasa yang lain selain bahasa arab. 

Nah, itulah sedikit dari kelebihan bahasa arab dibanding dengan bahasa lain, masih banyak kelebihan lain yang disebutkan oleh penyusun buku atau karya tulis yang kami sebutkan di atas, namun yang sedikit ini bisa mewakili yang banyak itu, jika Anda ingin lebih banyak mengetahui kelebihan bahasa arab dibanding bahasa yang lain silahkan merujuk kepada karya ilmiyah tadi. Wallahu a’lam.
Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "5 Keutamaan Bahasa Arab Atas Bahasa Lain. "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel