-->

9 Daftar Nama Kitab Nahwu

9 Daftar nama kitab nahwu. Bagi kalian yang sedang mempelajari nahwu sharaf karena ingin bisa membaca kitab kuning atau kitab gundul (tanpa harakat dan baris) perlu mengetahui kemudian memilih kitab mana yang akan kalian pelajari dan kalian jadikan muqarrar atau kurikulum. 

Banyak sekali kitab-kitab nahwu yang sekarang ini sudah terbit dan bisa kalian jadikan sebagai bahan ajar saat belajar nahwu dan sharaf terutama bagi anda yang terhitung pemula dalam mempelajari ilmu alat berupa nahwu dan sharaf ini. 


Pada postingan kali ini saya akan berikan kepada anda penjelasan dan daftar kitab-kitab nahwu yang bisa anda jadikan bahan untuk belajar nahwu dan sharaf kepada guru atau ustadz anda. 

1. Matan Jurmiyyah 

Kitab nahwu ini merupakan kitab nahwu yang paling populer dan sangat masyhur di kalangan para santri yang belajar nahwu dan sharaf, karena mudahnya uslub dan metode penyampaiannya hal menyebabkan banyak orang lebih suka belajar bahasa arab pakai matan jurmiyah ini. 
9 Daftar Nama Kitab Nahwu


2. Alfiyah Ibnu Malik 

Kitab yang satu ini juga lumayan terkenal, kitab ini berbentuk manzumah (sya’ir), banyak santri yang telah berhasil menghafalnya, bahkan mereka sangat-sangat hafal, sehingga jika di minta menghafalnya dari belakangpun sebagian santri sepertinya ada yang mampu melakukannya. 

3. Qathrunnada wa ballus shada 

Kitab nahwu yang satu ini juga lumayan populer dipakai sebagai muqarrar atau kurikulum pelajaran nahwu terutama di berbagai perguruan tinggi khususnya di negeri timur tengah, memang kurang cocok untuk pemula, namun bagi kalian yang sudah belajar nahwu sejak lama, bisa saja memperdalam pengetahuan nahwu sharaf kalian dengan membaca dan mempelajari kitab ini. 

4. Audahul Masalaik Syarah Alfiyah Ibnu Malik 

Sangat jelas dari namanya, memang kitab ini adalah syarah (penjelasan) dari kitab Alfiyah Ibnu Malik dalam ilmu nahwu, mirip dengan kitab nahwu sebelum ini yaitu kitab Qathrunnada, kitab ini juga juga termasuk kitab nahwu yang mutawwal (panjang) dan terdiri atas 4 jilid tebal. Sehingga kurang cocok bagi pelajar ilmu nahwu pemula yang baru mulai belajar. 

5. Syarah Alfiyah Ibnu Aqil 

Kitab alfiyah memiliki banyak syarah atau penjelasan, salah satu yang terkenal adalah syarah miliknya ibnu aqil, kitab ini lumayan bagus untuk pelajar nahuw lanjutan bahkan lumayan bagus juga buat pemula, karena disampaikan dengan uslub / metode yang mudah dipahami, sehingga banyak perguruan tinggi yang memakainya termasuk oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab Jakarta (LIPIA Jakarta) qism (bagian) / jenjang pendidikan Takmili. 

6. Al-Mumti’ Syarh Matan Al-Jurmiyah 

Kitab ini kami rekomendasikan bagi anda pelajar nahwu pemula yang tak mencukupkan dengan mempelajari matn jurmiyyah saja, kita ini disampaikan dengan cara yang mudah dipahami dan memakai kalimat-kalimat yang mudah sehingga lumayan bagus buat pemula yang ingin lebih luas mempelajari ilmu nahwu, di susun oleh Syaikh Malik Al-Mahdzari dari negeri yaman. 

7. Mulakhkhash Qawaid Al-Lughah Al-Arabiyyah 

Warna kuningnya yang khas bisa membuat pelajar dan santri mengenalnya walau melihat dari jauh, memang kitab nahwu sharaf ini taka sing lagi di mata para pelajar dan santri yang belajar qaidah bahasa arab atau nahwu. Disampaikan dengan bahasa yang lumayan mudah sehingga cocok juga bagi pemula. 

8. Jami’ Ad-Durus Al-Arabiyyah 

Kitab ini juga lumayan bagus bagi anda yang sudah muwassa’ atau meluas dalam memplajari nahwu maupun sharaf, di susun oleh seorag ulama bahasa negeri syam yaitu Syaikh Al-Gulayini sangat direkomendasikan bagi anda ayang ingin memperdalam ilmu nahwu anda. 

9. Silsilah ta’lim al-lughah al-arabiyyah 

Kitab nahwu merupakan salah satu bagian dari kitab silsilah ini, dipelajari mulai dari mustawa 3 hingga mustawa 4, penyampaiannya lumayan mudah dan dengan bahasa yang mudah dipahami, bagi kalian yang pemula dalam ilmu nahwu kitab nahwu dari silsilah ini juga bagus untuk anda karena di samping disampaikan dengan bahasa yang mudah, juga kitab ini terstruktur dengan bagus karena di susun oleh para ahli bahasa arab yang tak diragukan lagi kemampuannya. 

Itu saja sobat semua saat ini yang bisa kami sampaikan tentang daftar nama kitab nahwu, o ya bagi kalian yang ingin memiliki kitab-kitab nahwu di atas, tinggal anda cari di internet atau di situs-situs donlod kitab seperti di waqfeya.com, said.net dan lainnya.
Artikel Terkait

1 Komentar untuk "9 Daftar Nama Kitab Nahwu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel